Sabtu, 14 Maret 2015

Persiapan Melahirkan

Kodrat seorang wanita yaitu akan mengalami lahiran. Alhamdulillah saya termasuk wanita yang beruntung karena bisa melahirkan bayi ke 3 secara normal.

Dari awal memang niatan saya untuk melahirkan secara normal. Karena dengan keyakinan yang sungguh untuk melahirkan secara normal, saya pun mencari dokter yang pro normal. 

Sebenarnya due date kelahiran itu tanggal 18 Februari 2015. Tapi pengalaman anak pertama dan kedua selalu maju 10 hari dari yang dijadwalkan. Menuju tanggal itu kami (saya dan suami) mempersiapkan segalanya dimulai dari sebulan sebelum hari kelahiran.

Apa saja yang harus dipersiapkan? Ya tentunya perlengkapan bayi. Mengingat jarak usia anak kedua dengan ketiga yaitu 6tahun, kami merasa seperti punya anak pertama. Segala sesuatunya dimulai dari awal. Untuk perlengkapan bayi di rumah seperti: 
1. Box bayi 
2. Pakaian sehari-hari : baju, celana, gurita, kaos dalam, kaos kaki, sarung tangan
3. Selimut bayi
4. Alas tidur : kasur, alas ompol, bantal , guling
5. Popok
6. Perlengkapan mandi: bak mandi bayi, washlap, sabun , sampo
7. Diapers 
8. Lain-lain : peniti, gunting kuku, sisir, gendongan, minyak telon, dll

Sengaja beli secukupnya saja karena biasanya walaupun bukan mengharapkan akan tetapi banyak kerabat yang akan memberikan hadiah ucapan rasa syukur dan doa untuk bayi kita. Alhamdulillah rejeki bayi baru melahirkan.

Selain biaya persiapan menyambut kelahiran tidak hanya sampai disitu. Karena untuk menuju ke rumah sakit saya harus mempersiapkan keperluan untuk menginap dan membawa keperluan perlengkapan bayi untuk keluar dari rumah sakit. Adapun yang saya bawa saat itu adalah:
1. Kemeja 1 buah 
2. Sarung / kain 3 buah
3. Baju tidur kancing depan (4-6 pasang)
4. Pakaian dalam (6 pasang) dan tampon (setelah melahirkan)
5. Bantal, guling, selimut
6. Perlengkapan mandi
7. Pakaian lengkap bayi 1 stel 

Cukup panjang rentetan persiapan. Menurut saya siapkan sesuatu dengan rasa suka cita, insyaAllah rincian yang panjang ini bisa dilihat sebelah mata setelah baby lahir dengan sehat selamat dan lengkap.

Alhamdulillah saya merasakan kebahagiaan itu. Bertepatan dengan hari Sabtu, tanggal 14 Februari 2015 lahirlah putri cantik kami Faiqa Khairani Ihsan. Semua bilang baby valentine. Walaupun sebenarnya kami sekeluarga tidak merayakan hari valentine tapi saya dan suami sangat bersyukur karena di tanggal tersebut sama dengan kelahiran ayah dari suami saya. Dan bonusnya semua kerabat jadi ingat hari kelahiran baby Faiqa. 

So untuk para momies yang akan melahirkan, selamat berjuang yah. Semoga momie and baby lahir sehat dan selamat tanpa kurang satupun. Normal maupun sesar sama saja tinggal dipilih yang momies suka. Berbahagialah wahai para momies. Semoga info ini bermanfaat buat semua yah. 

6 komentar:

  1. Uhuhuhuu jadi pengen punya baby. Doain ya mbaaak.
    eniwei thanks for sharing. Nggak nyangka persiapannya dilakuin sebukan sebelum due date ya biar gak gerabak grrubuk. Kakak2ku mggak ada yang begitu soalnya. Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee iya malah kalau yg lain h-2 bulan dah belanja2. Aku doain kamu cepet punya baby yah mba. Aamiin. Thanx for walking here mba 😘

      Hapus
  2. Paling seru memang mempersiapkan kelahiran ya mba :)
    pernak pernik lucu, tapi biasanya saya batasi ngga terlalu banyak. Soalnya bayi paling 3 bulan udah kelihatan ngga bayi lagi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget ... Aku sampe kalap mba. Karena anak ke3 jadi kita belinya emang sedikit. Sampai skrg aja blm belanja baju soalnya masih pake kado dari kerabat. Hihihii alhamdulillah yah mba.

      Hapus
  3. Waah aku juga pengen memasuki tahap ini, hihihiii

    BalasHapus