Jumat, 01 Mei 2015

Aqiqah Baby Faiqa


Assalamualaikum

Dari Samurah bin Jundab dia berkata : Rasulullah bersabda : “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [HR Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad]

Alhamdulillah bertepatan dengan hari Sabtu tanggal 28 Maret 2015 lalu kami mengadakan tasyakuran Aqiqah untuk putri ke -3 kami Faiqa Khairani Ihsan. Acara sederhana namun berlangsung dengan khidmat dan penuh kebahagian buat saya khususnya. Dalam hal ini saya akan berbagi mengenai apa saja yang saya siapkan demi mendukung terlaksananya tasyakur Aqiqah Faiqa.
Prosesi cukur rambut Faiqa oleh ayahanda Stefen

1. Tanggal Aqiqah
Dimulai dengan penghitungan tanggal aqiqah yang bisa dilaksanakan di hari ke 7, ke 14, ke 21 bahkan hari ke 40. Berhubung diri saya merasa perlu istirahat sejenak setelah melahirkan, ditambah juga dengan pekerjaan umi (ibu kandung saya) yang tidak bisa diwakilkan karena sudah booking ke luar negri untuk kepentingan perusahaan, maka kami putuskan untuk melaksanakan di hari ke-40.
Karena memiliki waktu yang lumayan lenggang, maka saya bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

2. Jasa catering dan paket potong kambing aqiqah
Di era modern saat ini sudah banyak jasa catering dan potong kambing untuk aqiqah. Sehingga kami sebagai orang tua yang kebetulan mempunyai 3 anak merasa terbantukan. Kebetulan kami memilih salah satu jasa catering aqiqah ibu Siti rekomendasi dari kerabat kami dimana beliau biasa mendapat pesanan untuk aqiqah. Kambing yang disembelih untuk aqiqah bayi perempuan adalah 1 ekor kambing. Yang kemudian di olah menjadi makanan olahan yang harus dibagikan kepada handai taulan. Akan lebih bagus lagi diberikan kepada anak yatim piatu atau orang yang membutuhkan.
Dianjurkan agar dagingnya diberikan dalam kondisi sudah dimasak.
Hadits Aisyah ra., “Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh”. (HR al-Bayhaqi)
Ada terdapat pilihan menu catering. Kami memilih nasi box dan kambing yang di gulai juga di satai supaya para tamu bisa membawa pulang dan menikmatinya di rumah.

3. Uniform Keluarga
Uniform : Design by me
Fashion menjadi salah satu favorit saya. Karena suka dunia fashion maka saya memakai seragam sekeluarga. Ini optional saja kebetulan waktu kakaknya tidak jahit melainkan beli jadi. Akan tetapi mengingat waktunya agak longgar maka menjahitkan seragam sekeluarga lah yang menjadi pilihan.
Dengan bantuan jasa penjahit, saya pilih bahan katun yang nyaman dipakai baby. Kebetulan saya sedang menyukai warna pink dan hijau sehingga saya pilih warna ini dengan design yang berbeda tiap pemakainya.

Souvenir Aqiqah Faiqa

4. SouvenirMau pilih souvenir dimanapun banyak. Bahkan di pasar jatinegara pun menerima order souvenir berbagai acara.
Kalau orang tua bilang "jangan keluar dulu sebelum 40hari " dan itu saya lakukan. Mengingat pesan orang tua, maka saya percayakan souvenir kepada jasa pembuat souvenir aqiqah. Mulai dari dari design, cetak dan sampai hasil yang cantik beliau bantu. Jadi saya tinggal duduk manis menunggu souvenir aqiqah datang. Praktis yah!

5. Acara
Saya tinggal disebuah perumahan cluster, jumlahnya hanya 26 rumah saja. Demi meramaikan dan memperbanyak orang yang mendoakan Faiqa maka saya undang majelis taklim terdekat, para tetangga, para kerabat dan keluarga, dan komunitas Hmc Bekasi (hijabersmom community Bekasi).

Ceramah by Bunda Ratu Abdis
Adapun susunan acara sebagai berikut:
  • Pembukaan oleh Mom Asoka sebagai Mc
  • Pembacaan Doa dipimpin oleh Ustadzah Nunung
  • Sambutan dari Stefen Ayahanda Faiqa 
  • Ceramah oleh Ustadzah Bunda Ratu Abdis
  • Ceremony potong rambut Faiqa
  • Doa penutup
5. Cukur rambut bayi
Kebanyakan dari mama baru mungkin masih bingung bagaimana cara mencukur rambut sampai botak? Siapa yang bisa mencukur rambut bayi sampai botak? Bagaimana menimbang rambut bayi?
Nah dalam hal ini, saya meminta bantuan suster dari rumah sakit tempat anak saya lahiran. Kebetulan para suster sudah terbiasa mencukur rambut bayi. Mereka datang ke rumah dan membantu mencukur rbit Faiqa sampai botak bersih. Kemudian rambut dikumpulkan dan dimasukan kedalam pelastik. Karena di rumah ga punya timbangan jadi dibawa ke tukang emas untuk ditimbang.


Innii u’iidzuka bikalimaatillaahit taammati min kulli syaythaanin wa haammatin wamin kulli ‘aynin laammatin
Artinya : Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Allah Yang Sempurna dari segala gangguan syaitan dan gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya. (HR. Bukhari)

Alhamdulillah prosesi aqiqah Faiqa berjalan dengan lancar. Semoga ananda menjadi anak yang solehah, sehat selalu dan sukses dunia akhirat. Aamiin. Buat para momies dan new baby born selamat aqiqah yah. Semoga informasi persiapan aqiqah ini bermanfaat buat para pembaca.

Momies Hmc Bekasi


12 komentar:

  1. kyut banget mom sovenirnya... lucuk! tumbuh sehat & cerdas ya baby faiqaaa :*

    BalasHapus
  2. Aamiin. Terimakasih banyak mba doanya dan udah blogwalking juga. Aku siap meluncur kesana yah 😘😇

    BalasHapus
  3. wah acaranya terlihat ramai juga ya,semoga faiqa sehat selaly ya :)

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Alhamdulillah lancar dan baby pun anteng. Makasih mak.

      Hapus
  5. aku pun demikian mak, satu minggu udah keluar rumah. btw aqiqahnya pake kasih souvenir gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhubung anak ke 3 jadi dipersiapkan lebih matang lagi. Iya kasih souvenir mba.

      Hapus
  6. Aku pingim souvenirnya itu canteeqq... Btw, kasi bocoran dong, dpt hrg berapa utk jasa potong n masak kambing aqiqah, buat referensi nih aku bntar lg lahiran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh aku baru baca. kehabisan deh. Kemarin pakai jasa salah satu rekanan. Coba nanti aku cari CP nya yah.

      Hapus
  7. Whoaa...
    Semoga dek Faiqa bisa menjadi anak yang soleh yah mbaaak..
    Udah di aqiqah-in :)

    Tapiii...itu souvenir nya unyu banget siiih :)
    Kalo di komplek ku sih biasanya cuma dikasih nasi box aja siih hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii tetehhhh ... Aamiin. Nuhun pisan doana. Iya souvenirnya unyu karena baby nya unyu. hehehheee. Wujud rasa cinta dan kasih dari kami orang tua kepada anak jadi tamu juga merasakannya itu. heehhehee

      Hapus