Senin, 13 Mei 2013

BAHAYA TERLALU SERING MINUM ES TEH MANIS

Matahari  terlihat bersinar sangat terang. Saya rasa bagi yang narsis, efek cahaya siang hari seperti sekarang ini sangat bagus untuk berfoto diluar ruangan (hihihihi…). Cahaya yang terang mengharuskan kita untuk memakai kacamata karena silau memukau. Terserah saja sih sebetulnya, tinggal memicingkan mata kan yah.
Kalau sudah begini enak kali yah kalau kita menyantap makanan ditemani segelas es teh manis. Gelasnya yang berembun, dingin ketika kita pegang, diisi dengan es batu yang hampir menyembul dipermukaan. Segar terasa ketika mulai diminum. Airnya mengalir dingin terasa dari mulut sampai kerongkongan.

Namun buat kamu yang punya penyakit ginjal, minum es teh manis menjadi salah satu hal yang dilarang. Mengingat kandungan oksalat yang tinggi sehingga menimbulkan reaksi kimia yang menyebabkan terjadinya batu ginjal. Hal ini akan berbeda jadinya ketika teh manis disajikan dengan air panas.
Menurut Wikipedia batu ginjal adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih).
Boleh saja mengkonsumsi es teh manis, akan tetapi porsinya tidak usah berlebihan. Saran saya baiknya perbanyak minum air putih minimal 8 -10 gelas sehari. Karena dengan minum air putih tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan segar tentunya. Dan bonus untuk kita mendapatkan kulit yang bersih dan bersinar kalau tubuh kita tidak dehidrasi.

Salam Cacacha

(Foto diunduh dari www.sodahead.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar